Welcome to

Desain Wong Katrok

bisnis internet

Jumat, 02 April 2010

HATI-HATI TERHADAP VIRUS



HATI-HATI TERHADAP VIRUS ELEKTRONIK

Virus elektronik merupakan program yang sangat kecil yang mungkin hanya beberapa baris ketikkan saja, tetapi dapat menular dari satu file ke file yang lain dalam komputer dengan cara menggandakan dirinya dan berkembang dengan sangat cepat. Jika suatu ketika teman kita membawa disket/flashdisk yang berisi tugas dari rumah dan dikerjakan di sekolah atau kantor, maka tanpa kita sadari dapat terjadi disket/flashdisk yang dia bawa berisi Program Virus. Kemudian saat kita memakai komputer tersebut dan membawa pulang disket/flashdisk ke rumah, serta melanjutkan pekerjaan tersebut dengan menggunakan komputer di rumah, selang beberapa lama diketahui keganjilan-keganjilan pada file-file kita di rumah.

Tulisan tiba-tiba teracak, atau tiba-tiba tidak bisa me-load suatu file tertentu, atau bahkan file tersebut terhapus begitu saja. Ini berarti komputer kita telah diserang Virus. Program virus dari disket/flashdisk teman menggandakan dirinya dan menjadi residen di memori komputer. Ketika kita memakai komputer tersebut, program virus tersebut menggandakan dirinya dan tersimpan didalam disket kita. Selanjutnya, saat kita memakai komputer di rumah maka program tersebut juga menggandakan dirinya di memori komputer kita.

Salah satu cara terbaik untuk menangkal virus adalah dengan memasang Antivirus seperti: Norton,Kaspersky,Avast,Avira AntiVir,AVG Dll.Dan juga keluaran antivirus dari Indonesia Smadav. Dan juga pada saat melakukan transfer antar data dari disket/flashdisk teman, jangan lupa periksalah terlebih dahulu dengan me-Scan disket/flashdisk tersebut untuk memastikan apakah terdapat virus.Gunakanlah program-program Antivirus yang sudah teruji kemampuannya menangkal virus.Setiap Antivirus memiliki keterbatasan jenis virus yang dapat dideteksi dan dihancurkan.


0 komentar:

Posting Komentar